Perjalanan menuju Mesir
Waliyullah yang bangga dan dibanggakan oleh Mesir ini berasal dari Nubay (satu   suku di selatan Mesir) kemudian menetap di kota Akhmim (sebuah kota di propinsi   Suhaj). Kota Akhmin ini rupanya bukan tempat tinggal terakhirnya. Sebagaimana   lazimnya para sufi, ia selalu menjelajah bumi mensyiarkan agama Allah mencari   jati diri, menggapai cinta dan ma'rifatulah yang hakiki.
        Suatu ketika dalam perjalanan yang dilalui kekasih Allah ini, ia mendengar suara   genderang berima rancak diiringi nyanyi-nyanyian dan siulan khas acara pesta.   Karena ingin tahu apa yang terjadi ia bertanya pada orang di sampingnya : "ada   apa ini?". Orang tersebut menjawab : Itu sebuah pesta perkawinan. Mereka   merayakannya dengan nyanyi-nyanyian dan tari-tarian yang diiringi musik ".   Tidak jauh dari situ terdengar suara memilu seperti ratapan dan jeritan orang   yang sedang dirundung duka. "Fenomena apa lagi ini ?" begitu pikir   sang wali. Iapun bertanya pada orang tadi. Dengan santai orang tersebut menjawab   : "Oh ya, itu jeritan orang yang salah satu anggota keluarganya meningal.   Mereka biasa meratapinya dengan jeritan yang memekakkan telinga ". Di sana   ada suka yang dimeriahkan dengan warna yang tiada tara. Di sini ada duka yang   diratapi habis tak bersisa. Dengan suara lirih, ia mengadu : "Ya Allah   aku tidak mampu mengatasi ini. Aku tidak sanggup berlama-lama tinggal di sini.   Mereka diberi anugerah tidak pandai bersyukur. Di sisi lain mereka diberi cobaan   tapi tidak bersabar ". Dan dengan hati yang pedih ia tinggalkan kota itu   menuju ke Mesir (sekarang Kairo).
            Perjalanan ke dunia tasawuf
        Banyak cara kalau Allah berkehendak menjadikan hambanya menjadi kekasihnya.   Kadang berliku penuh onak dan duri. Kadang lurus bak jalan bebas hambatan. Kadang   melewati genangan lumpur dan limbah dosa. Tak dikecualikan apa yang terjadi   pada Dzunnun al-Misri. Bukan wali yang mengajaknya ke dunia tasawuf. Bukan pula   seorang alim yang mewejangnya mencebur ke alam hakikat. Tapi seekor burung lemah   tiada daya.
        Pengarang kitab al-Risalah al-Qusyairiyyah bercerita bahwa Salim al-Maghriby   menghadap Dzunnun dan bertanya "Wahai Abu al-Faidl !" begitu ia memanggil   demi menghormatinya "Apa yang menyebabkan Tuan bertaubat dan menyerahkan   diri sepenuhnya pada Allah SWT ? ". "Sesuatu yang menakjubkan, dan   aku kira kamu tidak akan mampu". Begitu jawab al-Misri seperti sedang berteka-teki.   Al-Maghriby semakin penasaran "Demi Dzat yang engkau sembah, ceritakan   padaku" lalu Dzunnun berkata : "Suatu ketika aku hendak keluar dari   Mesir menuju salah satu desa lalu aku tertidur di padang pasir. Ketika aku membuka   mata, aku melihat ada seekor anak burung yang buta jatuh dari sangkarnya. Coba   bayangkan, apa yang bisa dilakukan burung itu. Dia terpisah dari induk dan saudaranya.   Dia buta tidak mungkin terbang apalagi mencari sebutir biji. Tiba-tiba bumi   terbelah. Perlahan-lahan dari dalam muncul dua mangkuk, yang satu dari emas   satunya lagi dari perak. Satu mangkum berisi biji-bijian Simsim, dan yang satunya   lagi berisi air. Dari situ dia bisa makan dan minum dengan puas. Tiba-tiba ada   kekuatan besar yang mendorongku untuk bertekad : "Cukup… aku sekarang   bertaubat dan total menyerahkan diri pada Allah SWT. Akupun terus bersimpuh   di depan pintu taubat-Nya, sampai Dia Yang Maha Asih berkenan menerimaku".
            Perjalanan ruhaniah
        Ketika si kaya tak juga kenyang dengan bertumpuknya harta. Ketika politisi tak   jua puas dengan indahnya kursi. Maka kaum sufipun selalu haus dengan kedekatan   lebih dekat dengan Sang Kekasih sejati. Selalu ada kenyamanan yang berbeda.   Selalu ada kebahagiaan yang tak sama.
Maka demikianlah, Dzunnun al-Misri tidak puas dengan hikmah yang ia dapatkan   dari burung kecil tak berdaya itu. Baginya semuanya adalah media hikmah. Batu,   tumbuhan, wejangan para wali, hardikan pendosa, jeritan kemiskinan, rintihan   orang hina semua adalah hikmah.
Suatu malam, tatkala Dzunnun bersiap-siap menuju tempat untuk ber-munajat ia   berpapasan dengan seorang laki-laki yang nampaknya baru saja mengarungi samudera   kegundahan menuju ke tepi pantai kesesatan. Dalam senyap laki-laki itu berdoa   "Ya Allah Engkau mengetahui bahwa aku tahu ber-istighfar dari dosa tapi   tetap melakukannya adalah dicerca. Sungguh aku telah meninggalkan istighfar,   sementara aku tahu kelapangan rahmatmu. Tuhanku… Engkaulah yang memberi   keistimewaan pada hamba-hamba pilihan-Mu dengan kesucian ikhlas. Engkaulah Zat   yang menjaga dan menyelamatkan hati para auliya' dari datangnya kebimbangan.   Engkaulah yang menentramkan para wali, Engkau berikan kepada mereka kecukupan   dengan adanya seseorang yang bertawakkal. Engkau jaga mereka dalam pembaringan   mereka, Engkau mengetahui rahasia hati mereka. Rahasiaku telah terkuak di hadapan-Mu.   Aku di hadapan-Mu adalah orang lara tiada asa ". Dengan khusyu' Dzunnun   menyimak kata demi kata rintihan orang tersebut. Ketika dia kembali memasang   telinga untuk mengambil hikmah di balik ratapan lelaki itu, suara itu perlahan   menghilang sampai akhirnya hilang sama sekali di telan gulitanya sang malam   namun menyisakan goresan yang mendalam di hati sang wali ini.
Di saat yang lain ia bercerita pernah mendengar seorang ahli hikmah di lereng   gunung Muqottom. " Aku harus menemuinya " begitu ia bertekad kemudian.   Setelah menempuh perjalanan yang cukup melelahkan iapun bisa menemukan kediaman   lelaki misterius. Selama 40 hari mereka bersama, merenungi hidup dan kehidupan,   memaknai ibadah yang berkualitas dan saling tukar pengetahuan. Suatu ketika   Dzunnun bertanya : "Apakah keselamatan itu?". Orang tersebut menjawab   "Keselamatan ada dalam ketakwaan dan al-Muroqobah (mengevaluasi diri)".   "Selain itu ?". pinta Dzunnun seperti kurang puas. "Menyingkirlah   dari makhluk dan jangan merasa tentram bersama mereka!". "Selain itu   ?" pinta Dzunnun lagi. "Ketahuilah Allah mempunyai hamba-hamba yang   mencintai-Nya. Maka Allah memberikan segelas minuman kecintaan. Mereka itu adalah   orang-orang yang merasa dahaga ketika minum, dan merasa segar ketika sedang   haus". Lalu orang tersebut meninggalkan Dzunnun al-Misri dalam kedahagaan   yang selalu mencari kesegaran cinta Ilahi.
            Kealiman Dzunnun al-Misri
        Betapa indahnya ketika ilmu berhiaskan tasawuf. Betapa mahalnya ketika tasawuf   berlandaskan ilmu. Dan betapa agungnya Dzunnun al-Misri yang dalam dirinya tertata   apik kedalaman ilmu dan keindahan tasawuf. Nalar siapa yang mampu membanyah   hujjahnya. Hati mana yang mampu berpaling dari untaian mutiara hikmahnya. Dialah   orang Mesir pertama yang berbicara tentang urutan-urutan al-Ahwal dan al-Maqomaat   para wali Allah.
        Maslamah bin Qasim mengatakan "Dzunnun adalah seorang yang alim, zuhud   wara', mampu memberikan fatwa dalam berbagai disiplin ilmu. Beliau termasuk   perawi Hadits ". Hal senada diungkapkan Al-Hafidz Abu Nu'aim dalam Hilyah-nya   dan al-Dzahabi dalam Tarikh-nya bahwasannya Dzunnun telah meriwayatkan hadits   dari Imam Malik, Imam Laits, Ibn Luha'iah, Fudail ibn Iyadl, Ibn Uyainah, Muslim   al-Khowwas dan lain-lain. Adapun orang yang meriwayatkan hadis dari beliau adalah   al-Hasan bin Mus'ab al-Nakha'i, Ahmad bin Sobah al-Fayyumy, al-Tho'i dan lain-lain.   Imam Abu Abdurrahman al-Sulamy menyebutkan dalam Tobaqoh-nya bahwa Dzunnun telah   meriwayatkan hadis Nabi dari Ibn Umar yang berbunyi " Dunia adalah penjara   orang mu'min dan surga bagi orang kafir".
Di samping lihai dalam ilmu-ilmu Syara', sufi Mesir ini terkenal dengan ilmu   lain yang tidak digoreskan dalam lembaran kertas, dan datangnya tanpa sebab.   Ilmu itu adalah ilmu Ladunni yang oleh Allah hanya khusus diberikan pada kekasih-kekasih-Nya   saja.
            Karena demikian tinggi dan luasnya ilmu sang wali ini, suatu ketika ia memaparkan   suatu masalah pada orang di sekitarnya dengan bahasa Isyarat dan Ahwal yang   menawan. Seketika itu para ahli ilmu fiqih dan ilmu 'dhahir' timbul rasa iri   dan dan tidak senang karena Dzunnun telah berani masuk dalam wilayah (ilmu fiqih)   mereka. Lebih-lebih ternyata Dzunnun mempunyai kelebihan ilmu Robbany yang tidak   mereka punyai. Tanpa pikir panjang mereka mengadukannya pada Khalifah al-Mutawakkil   di Baghdad dengan tuduhan sebagai orang Zindiq yang memporak-porandakan syari'at.   Dengan tangan dirantai sufi besar ini dipanggil oleh Khalifah bersama murid-muridnya.   "Benarkah engkau ini zahidnya negeri Mesir?". Tanya khalifah kemudian.   "Begitulah mereka mengatakan". Salah satu pegawai raja menyela : "   Amir al-Mu'minin senang mendengarkan perkataan orang yang zuhud, kalau engkau   memang zuhud ayo bicaralah".
            Dzunnun menundukkan muka sebentar lalu berkata "Wahai amiirul mukminin….   Sungguh Allah mempunyai hamba-hamba yang menyembahnya dengan cara yang rahasia,   tulus hanya karena-Nya. Kemudian Allah memuliakan mereka dengan balasan rasa   syukur yang tulus pula. Mereka adalah orang-orang yang buku catatan amal baiknya   kosong tanpa diisi oleh malaikat. Ketika buku tadi sampai ke hadirat Allah SWT,   Allah akan mengisinya dengan rahasia yang diberikan langsung pada mereka. Badan   mereka adalah duniawi, tapi hati adalah samawi…….".
Dzunnun meneruskan mauidzoh-nya sementara air mata Khalifah terus mengalir.   Setelah selesai berceramah, hati Khalifah telah terpenuhi oleh rasa hormat yang   mendalam terhadap Dzunnun. Dengan wibawa khalifah berkata pada orang-orang datang   menghadiri mahkamah ini : "Kalau mereka ini orang-orang Zindiq maka tidak   ada seorang muslim pun di muka bumi ini". Sejak saat itu Khalifah al-Mutawaakil   ketika disebutkan padanya orang yang Wara' maka dia akan menangis dan berkata   "Ketika disebut orang yang Wara' maka marilah kita menyebut Dzunnun".
            Pujian para ulama' terhadap Dzunnun
        Tidak ada maksud paparan berikut ini supaya Dzunnun al-Misri menjadi lebih terpuji.   Sebab apa yang dia harapkan dari pujian makhluk sendiri ketika Yang Maha Sempurna   sudah memujinya. Apa artinya sanjungan berjuta manusia dibanding belaian kasih   Yang Maha Penyayang ?. Dan hanya dengan harapan semoga semua menjadi hikmah   dan manfaat bagi semua paparan berikut ini hadir.
Imam Qusyairy dalam kitab Risalah-nya mengatakan "Dzunnun adalah orang   yang tinggi dalam ilmu ini (Tasawwuf) dan tidak ada bandingannya. Ia sempurna   dalam Wara', Haal, dan adab". Tak kurang Abu Abdillah Ahmad bin Yahya al-Jalak   mengatakan "Saya telah menemui 600 guru dan aku tidak menemukan seperti   keempat orang ini : Dzunnun al-Misry, ayahku, Abu Turob, dan Abu Abid al-Basry".   Seperti berlomba memujinya sufi terbesar dan ternama Syaikh Muhiddin ibn Araby   Sulton al-Arifin dalam hal ini mengatakan "Dzunnun telah menjadi Imam,   bahkan Imam kita".
Pujian dan penghormatan pada Dzunnun bukan hanya diungkapkan dengan kata-kata.   Imam al-Munawi dalam Tobaqoh-nya bercerita : “Sahl al-Tustari (salah satu   Imam tasawwuf yang besar) dalam beberapa tahun tidak duduk maupun berdiri bersandar   pada mihrab. Ia juga seperti tidak berani berbicara. Suatu ketika ia menangis,   bersandar dan bicara tentang makna-makna yang tinggi dan Isyaraat yang menakjubkan.   Ketika ditanya tentang ini, ia menjawab "Dulu waktu Dzunnun al-Misri masih   hidup, aku tidak berani berbicara tidak berani bersandar pada mihrab karena   menghormati beliau. Sekarang beliau telah wafat, dan seseorang berkata padaku   padaku : berbicaralah!! Engkau telah diberi izin".
            Cinta dan ma'rifat
        Suatu ketika Dzunnun ditanya seseorang : "Dengan apa Tuan mengetahui Tuhan?".   "Aku mengetahui Tuhanku dengan Tuhanku ",jawab Dzunnun. "kalau   tidak ada Tuhanku maka aku tidak akan tahu Tuhanku". Lebih jauh tentang   ma'rifat ia memaparkan : "Orang yang paling tahu akan Allah adalah yang   paling bingung tentang-Nya". "Ma'rifat bisa didapat dengan tiga cara:   dengan melihat pada sesuatu bagaimana Dia mengaturnya, dengan melihat keputusan-keputusan-Nya,   bagaimana Allah telah memastikannya. Dengan merenungkan makhluq, bagaimana Allah   menjadikannya".
        Tentang cinta ia berkata : "Katakan pada orang yang memperlihatkan kecintaannya   pada Allah, katakan supaya ia berhati-hati, jangan sampai merendah pada selain   Allah!. Salah satu tanda orang yang cinta pada Allah adalah dia tidak punya   kebutuhan pada selain Allah". "Salah satu tanda orang yang cinta pada   Allah adalah mengikuti kekasih Allah Nabi Muhammad SAW dalam akhlak, perbuatan,   perintah dan sunnah-sunnahnya". "Pangkal dari jalan (Islam) ini ada   pada empat perkara: “cinta pada Yang Agung, benci kepada yang Fana, mengikuti   pada Alquran yang diturunkan, dan takut akan tergelincir (dalam kesesatan)".
            Karomah Dzunnun al-Misri
        Imam al-Nabhani dalam kitabnya “Jami' al-karamaat “ mengatakan:   “Diceritakan dari Ahmad bin Muhammad al-Sulami: “Suatu ketika aku   menghadap pada Dzunnun, lalu aku melihat di depan beliau ada mangkuk dari emas   dan di sekitarnya ada kayu menyan dan minyak Ambar. Lalu beliau berkata padaku   "engkau adalah orang yang biasa datang ke hadapan para raja ketika dalam   keadaan bergembira". Menjelang aku pamit beliau memberiku satu dirham.   Dengan izin Allah uang yang hanya satu dirham itu bisa aku jadikan bekal sampai   kota Balkh (kota di Iran).
Suatu hari Abu Ja'far ada di samping Dzunnun. Lalu mereka berbicara tentang   ketundukan benda-benda pada wali-wali Allah. Dzunnun mengatakan "Termasuk   ketundukan adalah ketika aku mengatakan pada ranjang tidur ini supaya berjalan   di penjuru empat rumah lalu kembali pada tempat asalnya". Maka ranjang   itu berputar pada penjuru rumah dan kembali ke tempat asalnya.
Imam Abdul Wahhab al-Sya'roni mengatakan: “Suatu hari ada perempuan yang datang pada Dzunnun lalu berkata "Anakku telah dimangsa buaya". Ketika melihat duka yang mendalam dari perempuan tadi, Dzunnun datang ke sungai Nil sambil berkata "Ya Allah… keluarkan buaya itu". Lalu keluarlah buaya, Dzunnun membedah perutnya dan mengeluarkan bayi perempuan tadi, dalam keadaan hidup dan sehat. Kemudian perempuan tadi mengambilnya dan berkata "Maafkanlah aku, karena dulu ketika aku melihatmu selalu aku merendahkanmu. Sekarang aku bertaubat kepada Allah SWT".
Demikianlah sekelumit kisah perjalanan hidup waliyullah, sufi besar, Zunnun al-Misri yang wafat pada tahun 245 H. Semoga Allah meredhainya.
1 komentar:
semoga Allah memberkatinya
Posting Komentar